Tri  Budiyono, S.Pd. Upaya Mengatasi Keterbatasan Pelaksanaan Praktikum IPA Di SMP Negeri 1 Pamotan Melalui Pembuatan Alat Peraga Kit Konel Atom: Sebuah Inovasi Pembuatan Alat Peraga IPA pada Materi Kimia Materi Atom (2012). Karya Ilmiah. Rembang: Juli, 2012.

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mencarikan alternatif alat peraga IPA – Kimia pada materi Atom. Di samping menyusun Langkah-langkah dalam pembuatan alat peraga kimia Kit Konel Atom,  membuat desain alat, membuat alat sesuai desain, membuat lembar kerja, melakukan pengujian alat, penyempurnaan alat dan mengevaluasi alat dari segi kelayakannya untuk dipergunakan dalam pembelajaran kimia di SMP dan SMA.

Alat peraga praktikum kimia Kit Konel Atom yang dihasilkan dari penelitian ini setelah melalui proses yang telah dilakukan dihasilkan berupa alat peraga yang dapat dimanfaatkan pada materi Aturan penamaan Unsur, Partikel Materi Atom, Partikel Materi Ion, Molekul Unsur dan Senyawa, Konfigurasi Elektron, Klasifikasi Unsur, kestabilan Unsur, Jari-jari Atom, Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, Kekhasan Atom Karbon, Kedudukan Atom Karbon, Kelompok Senyawa Hidrokarbon, Isomer, Model Atom Mekanika Kuantum dan Sistem periodik Unsur.

Dari Karya Ilmiah ini, diharapkan alat peraga yang dibuat dapat dijadikan sebagai alternatif alat peraga laboratorium IPA, Dapat dikembangkan oleh produsen alat peraga IPA, dapat memotivasi guru/siswa agar berinisiatif membuat  alat peraga yang belum tersedia.

Iklan